• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Empat Pilar Sebagai Penguatan Kebangsaan Secara Utuh

Mamuju Utara – Calon pemimpin bangsa yang kini menjadi generasi muda khususnya yang berada di kalangan pelajar di Sulawesi Barat dianggap masih minim akan pemahamannya terhadap Empat Pilar Kebangsaan. Bahkan pengetahuan siswa terhadap empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI dinilai memperihatinkan. Ini menjadi suatu hal yang memang perlu menjadi perhatian tersendiri bagi seluruh komponen yang terlibat dalam dunia pendidikan saat ini.

Oleh sebab itu, Sosialisasi empat pilar ini penting untuk terus dilaksanakan dan diketahui dengan benar, yang untuk proses selanjutnya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman itu juga akan menjadi dasar bagi para pelajar SMA dan sederajat untuk terus terpatri dalam sanubarinya bagaimana mencintai Indonesia dan menumbuhkan semangat Nasionalisme.
“Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar, karena memang pemahaman mereka masih minim. seperti yang ada di SMK 1 Pasangkayu, pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar Negara, UUD 1945 adalah konstitusi Negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai simbol Negara, dan NKRI sebagai bentuk Negara,” urai Asri Anas di hadapan ratusan siswa SMK 1 Pasangkayu, Mamuju Utara, pada Senin (24/10). Dengan pemberian pemahaman empat pilar kebangsaan tersebut, kata Asri juga dapat mengetahui dua faktor yang sangat berpengaruh pada generasi, yakni faktor Internal dan Faktor Eksternal, maka perlu untuk menanamkan semangat Empat Pilar tersebut dalam diri siswa.

“Faktor Internal adalah faktor yang ada dalam negara kita, misalnya pengamalan pancasila yang semakin berkurang di tengah-tengah masyarakat. Kemudian pengamalan nilai-nilai agama kita yang kadang melenceng dari penganutnya. Terjadi ketidakadilan hukum, termasuk ketidakpatuhan kita secara hukum. Kemudian Faktor Eksternal, lebih kepada pengaruh globalisasi yang sangat besar, pengaruh budaya asing, kapitalisme dan sebagainya,” jelas Asri.
Pimpinan Badan Anggaran (Banggar) MPR RI ini mengaku, Kebangsaan dan cinta tanah air bisa berkurang, karena dipengaruhi oleh dua faktor tersebut.

“Olehnya itu, memang sangat penting untuk memahami kebangsaan secara utuh, sekaligus mengaktualisasikan semangat Nasionalisme itu melalui pembelajaran dan pemahaman empat pilar ini. Kalau dari sekarang ini kita tumbuhkan dan ntanamkan, yakinlah generasi kita akan lebih kuat,” tegas Asri.
Sekedar diketahui, dalam kesempatannya memberikan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Asri Anas juga memberikan motivasi untuk terus maju dan optimis agar generasi Sulbar lebih maju dan berkembang. (ash)

0 tinggalkan komentar Anda:

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com